Pameran tunggal lukisan karya Dipo Andy yang bertajuk Kundalini Bumi Pameran Seni Rupa 02 Maret-02 April 2013
Pameran tunggal lukisan karya Dipo Andy yang bertajuk Kundalini Bumi
Pameran tunggal lukisan karya Dipo Andy yang bertajuk Kundalini Bumi

Pameran Tunggal Dipo Andy: Kundalini Bumi Kurator: Asikin Hasan Galeri Salihara
Pembukaan: Sabtu, 02 Maret 2013, 19:00 WIB

Lukisan-lukisan dalam pameran ini adalah gabungan dari kecanggihan teknik cetal digital, foto satelit, dan seni lukis terlibat.

Di kanvas kita akan menyaksikan wajah-wajah orang terkenal di dunia, seperti Soekarno, Bunda Teresa, Marilyn Monroe, Mao Tse-Tung, Michelle Yeoh, dan lain-lain.

Wajah-wajah itu bersinggungan dengan citra permukaan bumi yang rusak, baik yang difoto dalam jarak dekat maupun dari ketinggian tertentu. Selanjutnya, cipratan lumpur yang diambil langsung dari lokasi bencana lumpur Lapindo, Sidoarjo. 

Dengan cara yang provokatif tetapi tetap indah, lukisan-lukisan Dipo Andy mencoba menyuarakan kerusakan bumi yang disebabkan oleh ulah manusia dan bencana alam serta peran orang-orang penting itu sebagai bagian dari kempanye penyelamatan bumi dan menjadikan bumi sebagai tempat yang lebih baik bagi umat manusia. Atau menjadi semacam ironi atas minimnya peran pemerintah dalam penyelamatan lingkungan.

Dipo Andy adalah perupa keluaran ISI Yogyakarta. Lukisan-lukisannya bergerak ke arah pop art ketika ia melukis ulang figur-figur terkenal di dunia olah raga, film dan seni lainnya; di samping lukisan abstrak. Ia termasuk satu dari lima pemenang Philip Morris Indonesa Art Award 1999. (Source: http://salihara.org/)